Mata merupakan organ yang sangat penting bag manusia. Indra pengelihatan ini menjadi alat navigasi yang penting bagi aktifitas menusia sehari-hari. Namun, tuntutan kerja di era modern seperti sekarang ini, membuat kinerja mata menjadi lebih tinggi lagi. Penggunaan gadget seperti laptop atau komputer bisa mempengaruhi kesehatan mata. Efek yang ditimbulkan dari gadget tersebut adalah membuat mata lebih mudah lelah dan terasa nyeri.

Beautiful Eyes

Karena itu, kesehatan mata tidak boleh disepelekan. Hal-hal yang perlu dilakukan agar mata sehat adalah;

Memilih Cahaya yang Tepat

Cahaya berwarna merah, kuning, dan hijau bisa menyebarkan cahaya yang hangat. Maka carilah lampu pijar dengan ukuran 60 watt untuk intensitas pencahayaan ruangan tidak tinggi.

Batasi Penggunaan Komputer

Bekerja selama berjam-jam di depan komputer tanpa istirahat sedikitpun bisa mempengaruhi kesehatan mata. Mungkin saat ini Anda tidak merasakannya, namun cepat atau lambat, anda mungkin menyadari bahwa mata jadi lebih mudah lelah dari biasanya. Mata yang lelah bisa meningkatkan risiko degenaris makula, yakni suatu kondisi medis yang umumnya mempengaruhi orang tua. Kondisi ini juga menyebabkan penurunan ketajaman penglihatan. Ada baiknya matikan komputer atau laptop untuk beberapa waktu sembari mengistirahatkan mata.

Banyak Mengkonsumsi Ikan

Mengonsumsi ikan ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan mata. Sebuah penelitian melaporkan bahwa asam lemak omega-3 mampu mengurangi kadar toksin yang berperan dalam hilangnya penglihatan di usia tua. Konsumsilah ikan setidaknya dua kali dalam seminggu. Anda bisa memilih ikan tuna, salmon, atau jenis ikan lainnya.

Asupan Kafein

Walaupun efeknya tidak secara langsung, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Ophthalmology mengatakan bahwa kafein bisa meningkatkan produksi air mata, yang dipercaya mampu mengurangi rasa lelah mata.