Osteoporosis dan kanker tulang kini menghantui kebanyakan orang. Namun, sebenarnya penyakit tulan seperti ini bisa diatasi lewat makanan. Makanan yang banyak mengandung kalsium dan vitamin D terbukti dapat menjauhkan kita dari penyakit tulang. Bagi orang dewasa agar terhindar dari penyakit tulang, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D sebesar 200 IU dan kalsium 1000 mg setiap harinya. Makanan di bawah ini merupakan makanan yang baik untuk mencegah penyakit tulang

Makanan Sehat

Susu

Susu merupakan minuman yang mempunyai kandungan kalsium yang sangat banyak. Pada 200 gram susu bebas lemak memiliki kandungan hingga 90 kalori. 30 persen di dalamnya merupakan asupan kalsium. Jadi dapat dibayangkan sendiri jika rutin mengkonsumsi susu setiap hari, tidak akan kekurangan zat kalsium yang dibutuhkan tubuh.

Keju

Keju memiliki kandungan kalsium yang sangat besar, namun bagi anda yang suka makan keju sebaiknya dibatasi. Karena hanya dengan mengonsumsi 42,5 gram keju dadu cheddar saja, anda sudah mendapatkan lebih dari 30 persen asupan kalsium harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bayam

Bayam dapat memenuhi hampir 25 persen kebutuhan kalsium harian anda. Tidak hanya kalsium saja, bayam juga memiliki kandungan serat, zat besi, dan vitamin A tinggi yang baik untuk tubuh anda.

Telur

Telur dikenal sebagai makanan yang mudah untuk didapatkan. Di dalam telur terdapat sekitar 6 persen vitamin D yang dapat memenuhi asupan vitamin D yang diperlukan tulang anda. Pada bagian telur, kuning telurlah yang memiliki kandungan vitamin D paling tinggi.

Ikan Tuna

Tahukan anda bahwa ikan tuna merupakan makanan yang kaya akan vitamin D? Dalam 85 g tuna kalengan, anda bisa memperoleh vitamin dengan kadar 154 IU, atau setara dengan  39 persen dari dosis harian vitamin D.