Untuk mendapatkan makanan sehat, ternyata perlu diperhatikan pula cara memasaknya. Contohnya kita ingin mengonsumsi sayur, dan kita memasaknya dengan cara ditumis. Namun dalam penumisan tersebut terlalu lama sehingga menyebabkan kadar nutrisi dalam sayuran tersebut berkurang bahkan hilang. Oleh karena itu anda harus memperhatikan juga cara memasak bahan makanan tersebut. Salah-salah niat anda untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh malah menjadi suatu hal yang sia-sia. Lalu, cara memasak bagaimana yang tidak merusak nilai gizi?

Masak

Braising        

Braising ini merupakan metode masak dimana bahan direndam dalam bumbu terlebih dahulu kemudian dimasak dalam keadaan tertutup dengan api kecil. Kelebihan dari metode ini adalah bumbu tetap dapat meresap dengan sempurna tanpa merusak bahan karena dimasak menggunakan api yang kecil.

Poaching

Poaching ini merupakan metode memasak dimana bumbu masakan dimasak terlebih dahulu hingga matang kemudian baru bahan utama yang dimasukkan. Tujuannya ialah agar tidak merusak bentuk dan nutrisi bahan.

Roasting

Roasting ini merupakan metode memasak yang bertujuan membuat masakan menjadi kering. Prinsipnya hampir sama dengan oven, yang membedakan diantara keduanya adalah tingkat panasnya. Roasting ini baik dilakukan karena kita dapat mengontrol masakan agar tidak rusak kadar nutrisinya akibat terlalu panas atau terlalu kering.

Steaming

Steaming ini merupakan metode memasak yang biasa kita dengan sebutan mengukus. Metode steaming ini memanfaatkan uap air. Jadi bahan makanan akan matang tanpa menyentuh air. Kelebihan menggunakan metode ini adalah bahan makanan yang dimasak tidak akan kehilangan banyak nutrisi yang banyak diperlukan oleh tubuh.