Apa sih ‘Gluten-free’ ? Gluten Free berarti bebas gluten. Gluten adalah sejenis protein yang terdapat pada gandum dan tepung. Sifatnya kenyal dan elastis. Gluten mengandung komponen protein yang disebut peptida. Protein berfungsi penting dalam makanan, yaitu memberikan struktur bagi banyak produk berbasis gandum seperti pasta, wafel, kue-kue dan kebanyakan roti.

Kebanyakan reaksi alergi yang terjadi adalah karena makanan, yang salah satunya adalah karena makanan tersebut mengandung gluten. Alergi karena gluten bisa berdampak pada orang yang sensitif. Lalu apa yang terjadi kalau kita mengkonsumsi gluten? Gluten ini bisa menempel seperti lem di dalam usus kita.

Ketika orang yang sensitif memakan makanan yang mengandung gluten, maka akan menyebabkan usus halus menjadi meradang. Dalam jangka pendek, konsumsi gluten dapat menyebabkan rasa sakit, pembentukan gas, diare dan mal absorpsi nutrisi. Dalam jangka panjang, seseorang mungkin akan mengalami penurunan berat badan serta gangguan pertumbuhan dan perkembangan.

Intoleransi gluten juga dapat menyebabkan penyakit autoimun serius seperti rheumatoid arthritis, celiac dan penyakit Crohn. Sebagian besar masalah seperti diatas dapat dicegah dengan menghindari makanan tersebut dan mengikuti diet bebas gluten.

Gandum dan barley adalah daftar teratas sebagai bahan makanan yang tinggi mengandung gluten. Tepung terigu yang paling sering digunakan untuk hampir semua produk makanan. Masih banyak orang yang tidak tahu dimana mendapatkan tepung yang bebas gluten. Pada acara Kemang Organic Festival yang diadakan oleh Komunitas Organik Indonesia di Lippo Mall Kemang 13-15 September 2015 diadakan demo memasak “Gluten Free Pizza” bersama dengan Ladang Lima. Ladang Lima adalah salah satu produsen tepung bebas gluten di Indonesia

Tepung bebas gluten Ladang Lima dibuat dari singkong yang dipanen oleh petani lokal dan menggunakan metode Bioteknologi yang memungkinkan tepung singkong menyerupai karakteristik dari tepung terigu.  Bebas Gluten, berwarna putih alami, kaya zat besi dan kalsium, sumber serat, dan indeks glisemik rendah.

Tidak seperti tepung tapioka yang di bleaching dan diekstrak dari akar singkong, Tepung bebas gluten ladang lima menggunakan akar seluruh singkong dan diproses berbeda, itulah mengapa mengandung lebih banyak nutrisi dan kegunaan dari tepung tapioka.

 

Adonan Pizza Bebas Gluten Ladang Lima

Bahan:
1000 gr Tepung Ladang Lima
25 gr Xanthan Gum/Guar Gum/CMC
20 gr Baking powder
10 gr Pengemulsi
28 gr Garam
40 gr Ragi

180 gr Putih Telur
80 gr   Minyak Zaitun
800 cc Air
Cara membuat:

Campur semua tepung dan bahan-bahan kering lainnya. Aduk rata.

Tuangkan air, minyak, putih telur. Aduk dengan menggunakan spatula hingga tercampur rata.

Tambahkan 1 sdm air bila perlu. Adonan memang lembek tapi tidak begitu lengket.

Pindahkan adonan ke loyang pizza. Oles telapak tangan dengan minyak lalu pipihkan dan ratakan adonan pizza ke seluruh permukaan loyang. Diamkan 30 menit pada suhu ruang.

Pangggang pada suhu 200 ºC selama 10 menit atau hingga coklat keemasan..

Keluarkan pizza dari oven