greenhouseMenyelamatkan planet kita yang sedang menderita tidak berarti melakukan langkah-langkah yang radikal. Mulailah dengan hal-hal kecil di rumah Anda sendiri.

Tidak peduli seberapa keras kita berusaha untuk mengabaikan dan mengalihkan mata kita, kenyataannya Bumi ini sedang sekarat perlahan-lahan. Sementara industri berkembang, planet kita menderita karena banyaknya sampah beracun dan bahan kimia berbahaya yang kita buang ke dalamnya.

Kita melihat tanda-tanda pemanasan global yang mengakibatkan kekacauan pola cuaca di dunia. Bangsa-bangsa menyingsingkan lengan baju untuk membantu melindungi lingkungan tempat kita tinggal.

Kabar baiknya, Anda tidak usah melambai-lambaikan garpu jerami untuk meminta pabrik-pabrik besar tutup atau mengubah struktur rumah Anda secara drastis. Ada langkah-langkah mudah dan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menolong menyelamatkan Bumi dari jalan kehancuran yang telah kita arahkan. Anda hanya perlu mengingat 3 R.
REDUCE (KURANGI)

  1. PILIH YANG HEMAT ENERGI. Pasar penuh dengan peralatan yang hemat energi. Anda tidak perlu melepaskan kenyamanan yang disediakan oleh teknologi – Anda hanya perlu memastikan peralatan tersebut hemat energi. Bukan saja mempengaruhi lingkungan, konsumsi dan biaya listrik pun akan berkurang. Jika bisa, keringkanlah pakaian Anda dengan bantuan angin atau matahari alih-alih menggunakan mesin cuci.
  2. HEMAT AIR YANG BERHARGA. Matikan keran jika tidak digunakan. Ambillah hanya yang diperlukan guna mencegah terbuangnya air yang berlebihan.
  3. GUNAKAN SARANA TRANSPORTASI ALTERNATIF. Ini bisa berupa kendaraan umum, kereta api bawah tanah, carpool (menumpang satu mobil beramai-ramai) atau bahkan mengendarai sepeda dan berjalan.

 

RE-USE (PAKAI ULANG)

  1. KANTUNG BELANJA. Saat berbelanja, bawalah tas Anda sendiri. Tas-tas lipat tersedia di mana-mana. Alih-alih menggunakan kantung plastik untuk membawa belanjaan Anda, gunakan tas ramah lingkungan yang bisa digunakan berulang-ulang kali.
  2. BOTOL. Wadah kaca dan plastik bisa dipakai ulang sebagai wadah cairan atau bahkan vas dekoratif. Anda bahkan bisa menggunakan toples/botol berpinggiran lebar untuk menyimpan aksesoris dan alat-alat rumah tangga dan perkakas-perkakas kecil.
  3. KOMPOS. Sampah biodegradable (dapat terurai oleh organisme hidup) bisa digunakan sebagai kompos. Jika Anda punya kebun, cobalah membuat kebun sayur atau bunga dan gunakan sisa-sisa makanan Anda sebagai pupuk.

 

RECYCLE (DAUR ULANG)

  1. NON-BIODEGRADABLE. Produk-produk non biodegradable bisa didaur ulang. Ada banyak cara untuk mengubah mereka menjadi produk-produk baru – Anda hanya perlu memisahkan sampah Anda dengan benar agar pemerintah lokal bisa mengelola sampah tersebut secara tepat.
  2. SELAMATKAN PEPOHONAN. Kurangi konsumsi kertas Anda. Gunakan kedua sisi kertas sebelum membuangnya. Jika sebuah memo bisa dikirimkan melalui e-mail atau surat elektronik, cobalah untuk tidak mencetaknya. Kertas bisa didaur ulang dan diproduksi ulang menjadi kertas bersih.

 

Tip-tip di atas tidak mengharuskan Anda mengubah cara hidup Anda secara radikal. Semua dimulai dengan pilihan untuk BERTINDAK. Dengan keputusan Anda untuk berdiri dan melakukan sesuatu bagi lingkungan kita, Anda sudah berkontribusi dalam penyelamatan Bumi. Cobalah untuk berpikiran terbuka dan peduli dengan program-program yang digalakkan oleh pemerintah lokal Anda. Lakukan riset pribadi tentang bagaimana Anda melakukan bagian Anda dan dorong orang-orang di sekeliling Anda untuk menyumbangkan usaha mereka. Jika kita semua mau berubah dan menolong, Bumi dengan cepat akan mengalami pemulihan dan kita bisa menjamin tempat yang indah dan lebih sehat untuk ditinggali oleh anak-anak kita.