Hamil SehatSetiap pasangan ingin anak yang sempurna. Apalagi, faktanya memang telur dan sperma yang bakal membentuk anak telah mencoba menjadi telur atau sperma terbaik selama lebih dari tiga bulan menjelang masa pembuahan. Oleh karena itu, siapa saja yang dengan serius berusaha untuk hamil harus mematangkan fase tiga bulan tersebut.

Organ vital bayi dibentuk dalam beberapa minggu pertama kehamilan, sebelum ibu sadar bahwa ia hamil. Pada tahap kritis itu, hindari paparan zat racun dan beraktivitas adalah hal terbaik yang harus dilakukan. Oleh karena itu, perencanaan kehamilan sangat membantu pasangan untuk hamil lebih mudah, lebih sehat dan mengurangi komplikasi. Dampak hal tersebut adalah lahirnya bayi yang sehat dan mengurangi risiko kesehatan serta membuat ibu pulih lebih cepat setelah melahirkan.

Bagaimana Persiapannya?

  1. Pasangan, khususnya calon ibu harus memeriksa keseluruhan kesehatan dan memastikan tidak ada penyakit yang  harus dikontrol untuk mengurangi risiko keguguran, misalnya penyakit diabetes atau tiroid. Jika ada penyakit kronis pada kedua
    orang tua, kondisi mereka harus dikontrol dengan baik dengan pengobatan bilamana perlu, yang sesuai dengan kehamilan serta tidak mengurangi kesuburan atau berisiko kelainan janin.
  2. Jika ada gangguan kesehatan pada salah satu keluarga, pasangan perlu mencari bantuan ahli genetika untuk mengetahui pengaruhnya pada bayi. Memahami apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan akan membantu menjelaskan situasi dan mendukung pasangan untuk memutuskan hal terbaik.
  3. Jika ada riwayat ketidaknormalan pada janin terdahulu atau keguguran berulang, ahli kebidanan dan kandungan harus ditemui untuk memberikan saran sebelum kehamilan berikutnya untuk mengurangi risiko terulang kembali.
  4. Menjaga berat badan optimal. Terlalu gemuk atau terlalu kurus tidaklah menyehatkan, karena mempengaruhi kesuburan. Terlalu gemuk meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes kehamilan bagi ibu sedangkan terlalu kurus akan memicu kurangnya pertumbuhan janin. Kedua hal ekstrem itu memengaruhi kehamilan.
  5. Minum suplemen pra kelahiran. Bagi wanita, minum minimal folat 400 mcg per hari untuk mengurangi risiko cacat neurotube dan kemungkinan gangguan lainnya. Bagi pria, pertimbangkan, minum lebih banyak zinc dan anti oksidan untuk mengurangi persentase sperma yang abnormal.
  6. urangi atau berhenti minum alkohol dan zat berbahaya lainnya misal obat rekreasional. Berhenti merokok dan kurangi paparan menjadi perokok sekunder, karena semua zat beracun itu akan mempengaruhi kesuburan seseorang.
  7. Ubah pola makan, kurangi pemaparan terhadap makanan mentah dan tidak bersih yang akan menghasilkan infeksi atau penyakit. Tingkatkan asupan protein berkualitas tinggi dan minyak omega 3.

Bagaimana Mempersiapkan Lingkungan dan Pikiran?

  1. Minimalisir situasi penuh tekanan jika memungkinkan dan gunakan energi positif dalam melakukan aktivitas, yang membantu meningkatkan kesejahteraan seseorang. Putuskan seberapa banyak tekanan pekerjaan yang dapat diatasi untuk mengurangi kadar hormon berbahaya, yang dapat mengurangi kesuburan.
  2. Olahraga teratur dan tidur dengan cukup adalah hal yang sangat penting dalam mengurangi stres dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menangani kehamilan berikutnya.
  3. Fitnes penting dan memerlukan tiga tipe plahraga, misalkan olahraga kardiovaskuler untuk memperkuat jantung dan paru, latihan kekuatan abdomen dan kekuatan punggung untuk mengurangi ketidaknyamanan kehamilan dan pada akhirnya fleksibiltas latihan yang akan membantu untuk meningkatkan sirkulasi.
  4. Kenali pengasuh bayi, karena itu akan mengurangi stres saat mencari perawatan sebelum kelahiran. tidak hanya ginekologi bagi kelahiran tetapi juga rumah sakit untuk kelahiran dan mungkin bidan atau pengasuh untuk membantu pasca kelahiran.
  5. Beli asuransi kesehatan dan jiwa yang mencakup biaya perawatan kehamilan dan bagi bayi dalam kandungan. Anda tentu tidak ingin terperangkap dalam kebutuhan keuangan mendadak saat menghadapi komplikasi yang tidak diharapkan saat kehamilan, kelahiran prematur atau keharusan bayi memerlukan perawatan kesehatan segera pasca kelahiran. Mempunyai asuransi akan mendongkrak rasa percaya diri seseorang dan memberikan kedamaian.

Dr Ann Tan Sian Ann
MBBS (Singapura), MRCOG (London), M Med
(O&G) FAM (Singapura)
Cendekiawan Komisi Pelayanan Publik, Dr Tan telah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi di bidang spesialisasinya termasuk beasiswa HMDP untuk ekokardiografi janin di Yale School of Medicine pada tahun 1995, Young Investigator Award oleh International Society of Ultrasound dalam obstetri & ginekologi pada tahun 1995 & the Young MRCOG Award oleh Hong Kong Royal College of Obstetricians & Gynaecologists pada tahun 1993.
Beliau adalah warga Singapura pertama yang memegang  Diploma of Fetal Medicine dari Yayasan Fetal Medicine. Beliau berdedikasi dalam bidang diagnosis prenatal dan perawatan ibu dan janin. Dr Tan telah menulis berbagai makalah medis Beliau juga telah menyajikan makalah pada berbagai forum kesehatan di Singapura dan internasional.
Beliau adalah mantan Kepala Kedokteran Ibu dan Janin di Departemen Obstetri & Ginekologi di Singapore General Hospital dan mantan Presiden Lembaga Perinatal Singapura.
www.anntan.com.sg