Vancouver-Bike-to-WorkJika sehari-hari Anda telah menjalani gaya hidup Go Green atau ramah lingkungan, seperti mengonsumsi makanan organik, sampai mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Maka kurang lengkap jika tidak melakukan olahraga yang “bergaya” ramah lingkungan.

Eco-Running
Ini Dia Rahasia Untuk Mengatasi Selulit! Apa itu Eco-Running? Eco-Running merupakan aktivitas mengambil sampah yang dibuang sembarangan sembari berlari. Anda hanya perlu menggunakan perlengkapan berlari seperti biasa, ditambah membawa wadah untuk menampung sampah yang dibuang sembarangan. Wadah tersebut bisa berupa kantung atau plastik ramah lingkungan.

Sebagai tambahan lainnya, gerakan membungkuk saat Anda mengambil sampah ternyata mampu menjaga kelenturan tulang belakang dan melancarkan peredaran darah. Belum lagi manfaat dari berlari yang bisa Anda dapatkan, di antaranya; baik untuk lutut, meningkatkan kekuatan paru-paru, sampai mengurangi risiko penyakit seperti kanker, obesitas, dan asma.

Manfaat apa lagi yang bisa Anda dapatkan dari Eco-Running? Baik Anda melakukannya di pagi maupun sore hari, olahraga ini ternyata bisa meningkatkan mood. Menghirup udara segar, melihat pemandangan, dan berinteraksi dengan orang-orang, hal-hal tersebut mampu mengusir stres dan mendatangkan aura postif dalam tubuh.

Bersepeda
Bersepeda merupakan jenis kardio dan juga latihan aerobik. Banyak sekali manfaat yang dapat Anda ambil dari bersepeda di udara
terbuka, di antaranya : meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melatih kekuatan otot, menguatkan dan memadatkan tulang, menambah fleksibilitas tulang untuk bergerak, menurunkan kecemasan, depresi, dan masalah psikologis lainnya, melatih sistem pernapasan, mengurangi risiko terkena jantung hingga 50%, menurunkan tekanan darah, sampai menurunkan risiko kanker paru-paru.

Anda bisa bersepeda menuju tempat kerja atau dikenal dengan istilah bike to work. Tidak hanya menghemat bahan bakar, Anda pun sukses melatih otot serta menjaga kebugaran tubuh.

Berkuda
Jenis olahraga satu ini mungkin masih jarang diminati, padahal memiliki manfaat tidak kalah besarnya. Berkuda melatih hampir semua otot-otot tubuh untuk bergerak sehingga baik menjaga sistem kardiovaskular. Keseimbangan dan koordinasi yang baik antara bagian-bagian tubuh juga sekaligus melatih fungsi motorik Anda.

Tidak hanya menguntungkan bagi fisik, berkuda pun mampu mendorong Anda untuk belajar hal-hal baru, seperti perintah-perintah menunggang, koordinasi anggota tubuh, perawatan kuda, dan lainnya. Aktivitas tersebut tidak hanya melatih ketajaman memori tetapi juga menanamkan sikap rasa percaya kepada orang lain.

Mendaki
Jika Anda terbiasa berjalan atau berjogging di treadmill, maka menelusuri jalan di bukti atau gunung tidak akan menjadi masalah. Mendaki bisa jadi salah satu pilihan olahraga ramah lingkungan karena tidak membutuhkan listrik, seperti apa yang dilakukan di pusat kebugaran. Tidak hanya mampu memompa jantung agar tetap sehat, tetapi juga menurunkan stres.

Bayangkan Anda berjalan di tengah-tengah rerumputan dan pepohonan hijau sembari menghirup udara segar. Kepenatan yang Anda rasakan selama bekerja otomatis akan cepat menghilang. Jangan lupa untuk membawa air, makanan ringan, obat nyamuk, dan tabir surya untuk melengkapi aktivtas mendaki Anda. Pastikan juga untuk tidak meninggalkan sampah di sekitar area pendakian.

Berenang
Para ahli di The American Council on Exercise (ACE) mengungkapkan bahwa dengan sekali lap berenang, sudah mampu melatih kebugaran untuk seluruh tubuh. Kegiatan mendorong, mendayung dengan tangan, sampai menggerakkan kaki akan memberikan manfaat kardio serta latihan kekuatan.

Bagi Anda yang hobi berenang di laut pun bisa mendapatkan manfaat lebih, salah satunya meredakan peradangan otot. Selain itu, menurut hasil penelitian Penn dan Loewenstein dari Columbia University in Science, kandungan magnesium dalam air laut juga bisa mengatasi sistem syaraf yang memicu rasa gugup. Tidak hanya itu, air laut ternyata dapat membantu kalsium dalam sistem tubuh berada dalam kondisi normal. Pastikan laut aman untuk berenang.

Jenis olahraga ini tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga membantu “menyehatkan” lingkungan.

Selain jenis-jenis olahraga di atas, memancing, mendayung, dan menyelam bisa jadi pilihan olahraga ramah lingkungan yang dapat Anda coba. Namun jangan lupakan hal-hal berikut ini ketika Anda hendak menjalankan olahraga ramah lingkungan :

  • Membawa bekal air minum sendiri. Hal ini untuk menghindari semakin bertambahnya sampah kemasan minuman.
  • Sebagian besar perusahaan sepatu sekarang ini sudah berhenti menggunakan bahan PVC (polyvinyl chloride). Perusahaan tersebut lebih memilih menggunakan bahan karet sol yang ramah lingkungan. Sepatu ramah lingkungan ini tentunya akan mengurangi beban lingkungan ketika sudah tidak terpakai.
  • Kaos kaki yang terbuat dari bahan ramah lingkungan seperti wool, organic cotton dan serat terbuat dari jagung bisa jadi pilihan untuk menemani sesi berolahraga Anda.
  • Gunakan detergen ramah lingkungan untuk mencuci pakaian olahraga Anda. Saat ini sudah dapat dengan mudah Anda temui di pasaran.

Berolahraga tidak harus mahal, bahkan bisa membantu menyelamatkan lingkungan dari berbagai polusi. Tanamkan olahraga
ramah lingkungan ini mulai pada diri sendiri lalu keluarga dan teman-teman. Ingatlah, bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulai gaya hidup ramah lingkungan.

Siap untuk berolahraga sekaligus “menyehatkan” lingkungan sekitar?