Jika kita ibaratkan tubuh kita adalah mobil, maka makanan adalah bahan bakar. Agar dapat beraktivitas secara optimal, maka tubuh kita membutuhkan bahan bakar sebagai sumber energi dengan kualitas yang baik. Semua makanan mengenyangkan. Tetapi jenis makanan yang berbeda, akan memberikan tingkat energi yang berbeda pula. Apalagi di tengah kehidupan masyarakat modern saat ini di mana kita menjalani gaya hidup yang super sibuk, maka kita memerlukan banyak sekali energi. Profesi juga menentukan seberapa besar kita membutuhkan energi, misalnya untuk mereka yang bekerja di bidang olahraga (atlet), kebutuhan energi dalam sehari tentu lebih besar daripada orang kebanyakan.

Secara umum, ada empat jenis makanan yang dikenal sebagai sumber energi yaitu karbohidrat kompleks, protein, serat, dan vitamin C. Keempat jenis makanan ini adalah sumber energi utama untuk tubuh.

Saat kita lelah, sering dianjurkan mengonsumsi vitamin C. Vitamin C dikenal sebagai vitamin penambah stamina yang juga memiliki manfaat lain yakni membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi ringan seperti pilek dan batuk, yang dapat menguras energi. Oleh karena itu, pastikan bahwa kita cukup mengkonsumsi makanan dan buah-buahan yang kaya vitamin C.

Selain sumber energi utama, ada banyak bahan makanan yang dipercaya mampu meningkatkan stamina tubuh. Berikut adalah makanan yang dapat Anda pilih ketika hendak beraktivitas yang cukup menguras tenaga:

Oatmeal

Oatmeal termasuk karbohidrat kompleks yang merupakan sumber energi yang dapat mememberikan tambahan tenaga dalam waktu berjam-jam. Hal ini karena oatmeal dicerna secara perlahan sehingga membuat kenyang untuk jangka waktu yang lama. Oatmeal termasuk karbohidrat kompleks yang bermanfaat menjaga kadar gula tetap optimal. Satu mangkuk bubur oatmeal di pagi hari akan membuat Anda bertenaga hingga siang hari.

Kacang-kacangan

Kacang kaya mineral dan zat besi yang membantu tubuh menghasilkan sel darah merah  yang membawa oksigen ke otot saat berolahraga dan juga membangun stamina. Salah satu jenis kacang-kacangan yang sangat baik untuk meningkatkan stamina adalah walnut atau kenari. Bagi Anda yang alergi ikan, walnut bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan asam lemak omega 3 yang sehat. Sebelum beraktivitas, cobalah mengonsumsi walnut cukup satu genggam.

Kopi

Satu cangkir kopi sebelum berolahraga dapat memberikan tambahan tenaga yang tidak terduga, melalui kandungan kafein di dalamnya. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kafein dapat mencegah kelelahan, dengan cara menstimulasi langsung sistem saraf pusat. Tidak heran, beberapa orang dapat bekerja optimal tanpa rasa lelah dan kantuk setelah sebelumnya minum kopi.

 Sayuran hijau

Sayur-sayuran berwarna hijau mengandung mikronutrien yang penting untuk membangun stamina dan juga meningkatkan jumlah sel darah merah. Sealin itu sayuran berdaun hijau kaya serat dan dicerna perlahan sehingga dapat membantu tubuh mempertahankan kadar glukosa darah.

Pisang

Buah pisang kaya akan serat dan gula buah alami. Mengonsumsi pisang dapat dengan cepat meningkatkan energi dengan ketahanan cukup lama. Untuk manfaat terbaik, makan pisang 20 menit sebelum aktivitas yang menguras energi. Selain menjadi sumber karbohidrat, pisang juga efektif memicu pelepasan ‘dopamin’ yakni  bahan kimia yang membantu menjaga konsentrasi dan fokus.

Anggur merah

Sesekali  Anda dapat mengonsumsi anggur merah yang mengandung ‘resveratol’ yang mampu meningkatkan energi. Anggur hanya sedikit mengandung gula, sehingga sesuai sebagai penyedia energi instan dan membantu membangun stamina.

Jus buah bit

Mengkonsumsi segelas jus buah bit sebelum berolahraga akan membuat tubuh mampu bekerja selama berjam-jam tanpa merasa lelah. Buah bit kaya akan vitamin A dan C yang sangat baik membantu membangun stamina dan mengurangi kelelahan.

Protein whey

Whey mengandung 9 jenis asam amino yang penting untuk tubuh. Protein whey sangat baik sebagai makanan bagi otot dan harus dikonsumsi dalam waktu yang tepat. Protein whey banyak terkandung dalam susu dan telur. Untuk mendapatkan energy maksimal, konsumsi 3 telur rebut 30 menir sebelum beraktivitas, dan makan telur sekaligus kuning dan putih telurnya, karena dapat memberikan protein dan zat gizi mikro yang tidak kalah pentin