ORGANIC_DIET copyUmumnya tujuan orang melakukan diet adalah untuk menurunkan berat badan karena melebihi normal bahkan sampai kegemukan. Pada orang dewasa berat badan normal diketahui dengan mengukur berat dan tinggi badan dan kemudian dengan menggunakan rumus indeks Massa tubuh (iMt) yakni berat badan dalam kilogram dibagi dengan tinggi badan dalam meter yang dikuadratkan. Nilainya berkisar antara di bawah 18,5 yang berarti gizi kurang sampai diatas 25 berarti kelebihan berat badan.

Ada sejumlah jenis diet yang umumnya dikenal banyak orang. Namun apapun jenisnya semua memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menurunkan berat badan atau untuk menormalkan berat badan.

Disamping itu, harus dipahami bahwa kunci keberhasilan sebuah diet adalah disiplin, tanpa itu mustahil diet yang dijalani akan berhasil. Diet untuk menurunkan berat badan dapat dilakukan sejak dewasa muda apalagi bila individu kurang gerak. Namun keberhasilan diet tak serta merta hanya dengan membatasi asupan makanan saja. Harus diimbangi dengan aktivitas fisik yang cukup seperti olahraga yang teratur dan terukur.

Satu hal yang menjadi momok diet adalah sindrom yo-yo yang ditandai dengan penurunan berat badan seseorang yang dilakukan secara ekstrim tanpa memperhatikan aspek makanan yang seimbang. Akibatnya adalah stres sehingga ia kembali kepada pola makan semula dan berakibat berat badan meningkat lagi.

Program diet harus terus berlanjut sekalipun sudah mencapai target berat badan yang diinginkan atau sudah dikatakan berhasil. Justru fase inilah yang harus diwaspadai, sebab tidak sedikit orang yang lengah dan akhirnya tidak mampu mempertahankan keberhasilannya tersebut.

Di antara berbagai jenis diet, diet organik mungkin bisa menjadi pilihan. Diet organik adalah suatu pola hidup seperti  yang dilakukan oleh orang-orang zaman dahulu yaitu mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak mengandung bahanbahan kimia seperti zat perasa, zat pewarna, zat pengawet, zat pemanis serta bahan kimia lainnya yang umumnya bisa kita temukan di hampir semua bahan makan yang kita konsumsi sekarang. Hal tersebut dikenal dengan istilah naturopati.

Bahkan dengan konsumsi makanan organik kita bisa menjaga kesehatan tubuh kita secara preventif maupun pengobatan. itulah mengapa orang-orang zaman dahulu bisa hidup lebih lama daripada orang-orang zaman sekarang serta lebih sehat. bahkan,dulu orang tidak mengenal penyakit yang aneh-aneh seperti tumor, kanker, diabetes, ginjal, kolesterol, wasir, stroke dan sebagainya.

Diet organik sangat bertentangan dengan dasar-dasar teknologi makanan modern di mana seringkali produksi produk makanan menggunakan unsur-unsur berbahaya bagi kesehatan manusia.

Dasar-dasar makanan organik cenderung kembali menuju alam dengan cara penanaman pertanian yang bebas dari pencemaran lingkungan, pencemaran bahan makanan serta pada waktu pemrosesan produk makanan tersebut.

Filsafat penyembuhan alami menyatakan bahwa makanan terbaik adalah obat terbaik dan makanan terbaik adalah makanan organik. ini disebabkan karena makanan organik bisa berfungsi sebagai pembersih toksin (racun) yang sangat mengagumkan serta dapat menghilangkan lemak yang tidak diinginkan di dalam tubuh. Hasilnya adalah pembersihan racun secara menyeluruh dalam tubuh. selain itu, makanan organik bisa memberikan makanan bergizi tinggi bagi tubuh, mengaktifkan sel-sel tubuh, meningkatkan sistem regenerasi dalam tubuh serta menyeimbangkan sistem hormon. selain itu bisa meningkatkan fungsi organ dalam sekaligus memelihara keseimbangan kesehatan.

Hidup dengan diet organik dapat menjadi dasar yang ampuh untuk mencegah penyakit, sehingga seorang dokter hanya membantu kita dalam proses penyembuhan.

Karena pemrosesan di dalam tubuh sangat penting untuk keseluruhan kesehatan, maka tak ada salahnya untuk mencoba diet organik, sehingga tubuh akan tumbuh sehat terhindar dari berbagai macam penyakit.

Setelah diet berhasil, maka Anda perlu mempertahankannya dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Bangun pagi berlari statis 2500 langkah (setara kurang lebih 15-20 menit tergantung kecepatan bergerak seseorang; semakin terlatih semakin cepat latihan tersebut bisa diselesaikan)
  • Makan sedikit tetapi lengkap dan sering yang berarti makan juga dilakukan pada waktu selingan misalnya biskuit atau buah.
  • Pastikan bahwa sarapan pagi jumlah kalori memadai sekurang-kurangnya sepertiga kebutuhan kalori sehari-hari
  • Makan siang dianjurkan lebih banyak daripada makan malam karena pada sore hari bisa dibakar menjadi energi atau kalori sedangkan bila makan terlalu besar pada malam hari makanan tersebut tidak dibakar tapi dapat ditimbun menjadi lemak tubuh.
  • Konsumsi sayuran hijau dan buah-buahan yang beraneka ragam warnanya, oranye, merah, kuning, semuanya kaya antiokisidan
  • Pastikan konsumsi cairan cukup yaitu sekitar 1,5 – 2 liter per hari (6-8 gelas per hari). Teh juga kaya antioksidan seperti teh hijau atau hitam dianjurkan sebanyak 2-4 cangkir sehari.