Pusat Kanker Nasional 2National Cancer Centre Singapore (NCCS), Clearbridge BioMedics, dan Departemen Patologi di Singapore General Hospital (SGH) telah berkolaborasi untuk mendirikan Pusat Penelitian Utama tentang Peredaran Sel Tumor/Circulating Tumour Cell Centre of Research Excellence (CTC CoRE) pertama di wilayah ini. Pusat ini memfasilitasi kegunaan sirkulasi atau peredaran sel tumor/circulating tumour cells (CTCs) dalam diagnosa klinis dan merupakan sebuah kunci keberhasilan upaya Singapura untuk meningkatkan pengembangan pengobatan personal. Pusat ini juga bertujuan untuk memahami susunan genetika dari sel kanker pasien dan evolusinya dari waktu ke waktu.

Menggunakan pengujian sitogenetik, jumlah kanker dihitung dan didokumentasikan. Jika tidak ada pengurangan signifikan dalam jumlah sel kanker, onkologi bisa memutuskan untuk memodifikasi cara perawatan dalam memerangi kanker dengan cara terbaik.

Bertempat di Departemen Patologi SGH, CTC CoRE dapat mengakses sitologi, imunohistokimia, sitogenetik dan kemampuan molekuler, dan akan berfokus pada sejumlah program penelitian serta percobaan klinis di NCCS dan SGH. Tentunya dengan dukungan dari Clearbridge BioMedics. Termasuk di dalamnya uji coba penggunaan sistem ClearCell FX. Sistem ini merupakan sistem pengayaan bebas-label Clearbridge BioMedics terbaru untuk CTC, yang pertama ditemukan di National University of Singapore.

CTC CoRE juga akan mengembangkan diagnosa pengujian kadar logam CTC terbaru untuk mempersonalisasi pengobatan yang dirancang bagi masing-masing susunan genetika pasien yang unik. Digambarkan bahwa diagnosa pengujian kadar logam ini pada akhirnya akan diadopsi sebagai bagian dari layanan klinik rutin, memungkinkan para petugas klinik untuk memperoleh umpan balik secara real-time tentang keefektifan terapi. Selain itu juga untuk meningkatkan penanganan dan hasil pasien kanker.

Diawali hanya dengan tes darah yang sederhana…

Untuk memperkirakan keefektifan perawatan, sampel darah yang diambil dari pasien pra dan pasca- perawatan. Sampel darah kemudian dikirimkan ke Lab Sitologi di SGH dan ditempatkan melalui sistem ClearCell FX untuk memisahkan sel-sel kanker dari komponen darah lainnya. Menggunakan tes sitogenetik, jumlah sel kanker dihitung dan dokumentasikan. Jika tidak ada pengurangan yang signifikan dalam jumlah sel kanker, onkologi dapat memutuskan untuk memodifikasi cara perawatan dalam memerangi kanker dengan cara terbaik.

Tidak hanya menghasilkan suatu keefektifan dramatis dalam penanganan terapi kanker. Tes ini juga memicu terhadap berkurangnya efek samping dan penghematan biaya yang signifikan.

Sel-sel tumor yang beredar memiliki potensi untuk menjadi alat yang kuat bagi dokter onkologi dalam cara mendiagnosa, merawat dan menangani kanker. Mengatur fasilitas CTC CoRE ini juga memungkinkan para peneliti kami untuk mengkarakteristik sel-sel ini secara real-time, bahkan ketika tumor pasien berevolusi terhadap perawatan dan waktu. Hal ini akan mendorong posisi NCCS sebagai pusat penanganan kanker, serta meningkatkan reputasi Singapura sebagai pemimpin pemikiran onkologi di Asia,” kata Profesor Soo Khee Chee, Direktur National Cancer Centre Singapore.

Johnson Chen, direktur Clearbridge BioMedics menambahkan, “Dengan didirikannya CTC CoRE ini, Clearbridge BioMedics sekarang memasuki bidang diagnosa klinik. Kami dengan gembira bekerja dengan pusat kanker terkemuka di Singapura, untuk memvalidasi kegunaan klinis dari sistem ClearCell FX kami. Sebelumnya kami memang menargetkan untuk ada dalam klinik pada tahun 2015. Tujuan utama CTC CoRE adalah untuk memungkinkan para klinisi kanker mendapat akses teknologi handal dalam memproses dan menganalisa darah para pasien, untuk hasil klinis yang dapat ditindaklanjuti.