Cemilan SehatMakan berlebihan adalah kelainan makan yang serius saat seseorang mengkonsumsi sejumlah besar makanan yang tidak biasa dengan selang waktu yang rutin. Gejala-gejalanya termasuk makan ketika kenyang, seringkali makan sendirian, merasa depresi, serta berdiet tanpa adanya penurunan berat badan yang nyata. Berikut kami mendaftar beberapa cemilan sehat yang dapat membantu pembaca kami dalam menghindari makan  berlebihan yang tidak sehat dan mencegah kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.

Jus

Baik jus sayuran dan buah- buahan rasanya menyegarkan, serta kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Jus juga membantu menjaga seseorang terhidrasi terutama di negara beriklim tropis seperti Indonesia.

Energy Bars/Cemilan

Berenergi Cemilan berenergi yang tinggi protein dan rendah karbohidrat merupakan sumber energi instan yang terkonsentrasi tanpa kolesterol dan lemak jenuh. Jenis cemilan ini baik sebagai santapan ringan jika dibandingkan dengan makanan cepat saji. Tapi yang perlu diingat, cemilan ini bukan pengganti pola makan alami yang bergizi dan bervarisi.

Salad campur buah-buahan

Ketika antioksidan dalam buah- buahan membantu dalam mencegah penuaan, makanan ini bekerja paling baik ketika digabungkan dengan atioksidan lain. Maka, salad campur dari beragam buah-buahan yang terdiri dari paling tidak empat sampai lima variasi buah-buahan berbeda, sangat direkomendasikan untuk kebutuhan nutrisi harian kita.

Yoghurt Yunani

Ini adalah cemilan bagi pekerja kantoran yang ideal, khususnya versi skim rendah lemak yang memiliki kalsium berkonsentrasi tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. Selain kaya akan protein, yogurt Yunani merupakan sumber makanan yang besar manfaatnya bagi pembangunan otot tub.

Kacang-kacangan

Kaya akan serat, lemak esensial dan protein, kacang merupakan cemilan yang membantu vitalitas. Walnut, almond, hazelnut atau jenis kacang-kacangan lainnya dipadati dengan banyak sekali nutrisi, bahkan dalam sebuah kemasan kecil.

Cemilan Kedelai

Protein kedelai mengurangi resistensi insulin, kerusakan ginjal dan bantuan dalam mengendalikan tingkat kolesterol yang sehat. Kaya akan protein, kacang kedelai selalu disebut sebagai “daging tanpa tulang”.

Oatmeal/Bubur Gandum

Oatmeal dengan susu merupakan salah satu sarapan yang paling menyehatkan. Oatmel terbuat dari gandum murni dan lignan – sebuah senyawa tumbuhan yang dikenal bisa mencegah penyakit jantung. Dapat pula dicampur dengan buah-buahan segar dalam smoothie. Oatmeal menurunkan resiko diabetes tipe 2.

Teh Herbal

Teh herbal dibuat dari tumbuh- tumbuhan seperti elderflower, lemon verbena, jahe, nettle/ jelatang, timi, adas, peppermint dan bunga kamomil; membantu dalam mengobati flu, gangguan pencernaan, mual, bahkan beberapa jenis infeksi.

Popcorn

Cemilan ini mempunyai kandungan gandum murni, serat dan antioksidan. Diracik baik dengan garam, mentega atau madu, membuat rasa popcorn juga lezat.

Coconut Water

Penghidrasi super, kaya akan potasium, rendah kalori, serta bebas kolesterol. Air kelapa juga dijuluki sebagai “minuman olahraga ibu pertiwi”, terdiri dari karbohidrat yang sangat mudah dicerna. Mempunyai gula yang lebih sedikit dibandingkan minuman olahraga, selain soda dan beberapa jus buah-buahan