Hanya sekitar 10% wanita menopause mencari bantuan medis. Apabila keluhan yang dirasakan mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya Anda memperiksakan diri ke dokter. Cara merawat menopause berbeda pada tiap wanita, tergantung gejala yang dirasakan. Namun, salah satu obat-obatan yang banyak digunakan dalam menangani kondisi menopause adalah dengan terapi penggantian hormon (hormone replacement therapy).terapi ini sangat efektif mengatasi gejala menopause, yaitu dengan mengganti esterogen pada wanita dengan kekurangan esterogen.

menopouse2

Walau demikian, terapi hormon memiliki resiko dan keuntungan. Keuntungannya adalah dapat mengatasi gejala menopause, mencegah terjadi osteoporosis dan menurunkan resiko kanker kolorektal (kanker kolon atau rektum). Resiko pada terapi hormon adalah meningkatkan resiko kanker payudara, ovarium dan kanker rahim; meningkatkan resiko pennyakit jantung koroner dan stoke; serta meningkatkan resiko perubahan memori saat berusia di atas 65 tahun.

Mengurangi Gejala Menopause

Terdapat banyak cara mengatasi masa transisi menopause, yaitu dengan:

  1. Latihan fisik secara teratur
  2. Mengurangi menggunakan pakaian yang terlalu ketat
  3. Menggunakan pakaian berbahan dasar katun
  4. Memastikan kamar tidur suhunya tidak panas
  5. Mengurangi tingkat stres dengan melatih pernapasan dalam, terapi relaksasi otot dan yoga
  6. Mengurangi makanan pedas, kafein, merokok, dan alkohol
  7. Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir minggu. Pastikan waktu tidur sekurangnya 7 jam setiap malam.
  8. Apabila Anda aktif berhubungan seksual, gunakan gel pelumas berbahan dasar air.
  9. Lakukan latihan otot pinggul seperti latihan Kegel. Perbedaannya dapat dirasakan setelah 4 sampai 6 minggu, apabila latihan ini dilakukan selama 3 atau 4 kali per hari. Latihan ini membantu apabila Anda mengalami kesulitan menahan air kecil.
  10. Makan makanan yang seimbang, meliputi sayur-sayuran, buah-buahan, makanan berbahan gandum, lemak baik, serat dan karbohidrat kompleks.
  11. Konsumsi 1.200mg sampai 1.500mg kalsium dan 800IU vitamin D per hari.