breast-enlargement-shutterstock_50988619Sudah menjadi fakta yang umum diterima bahwa di samping aspek fungsionalnya, payudara merupakan organ keindahan dan daya tarik. Seorang wanita yang diberkati dengan payudara yang menarik dan berukuran bagus akan tampil percaya diri dan mengesankan dalam lingkungan sosialnya.

Karena itu, jika organ tersebut kurang berkembang atau berangsur-angsur mengecil, berubah bentuk atau melorot setelah kehamilan; seorang wanita dapat terpengaruh secara psikologis. Banyak wanita yang kuatir jika mereka merasa telah kehilangan aset kecantikan yang pernah mereka punyai. Jika begitu, bagaimana kami – sebagai ahli bedah plastik dapat membantu memulihkan kepercayaan diri para wanita yang kurang beruntung ini dalam cara yang paling aman?

Ada banyak metode pembesaran payudara – ada yang sementara dan ada pula yang permanen. Kami harus memilih metode yang memberikan ukuran dan penampilan yang paling diinginkan oleh pasien, dan akan bertahan seumur hidup. Metode tersebut juga harus memberikan bentuk serta kelembutan yang paling alami bagi pasien. Berikut beberapa metode pembesaran payudara dalam urutan preferensi dan keamanan.
Transfer Lemak Autologous untuk memperbesar payudara

Ini adalah sarana terbaik untuk memperbesar payudara karena menggunakan lemak pasien sendiri untuk mengisi payudara. Payudara yang diperbesar berbentuk alami dan terasa normal. Lemak diambil dengan sangat berhati-hati melalui metode non-traumatis seperti waterjet, dicuci, disaring, lalu disuntikkan kembali ke dalam penampang anatomi yang tepat. Penempatan ini haruslah sangat tepat, jika tidak akan terjadi benjolan abnormal yang disertai perkapuran dan benjolan ini akan sulit dibedakan dari tumor payudara. Pasien juga harus menjalani prosedur ini lebih dari sekali untuk mendapat satu ukuran lebih besar dan harus memiliki cadangan lemak yang cukup untuk dikembangkan oleh ahli bedah plastik. Namun kepuasan yang luar biasa didapatkan adalah hal itu berasal dari jaringan tubuh Anda sendiri dan akan bertahan secara permanen.

Implan gel kohesif anatomis
Penggunaan implan gen kohesif anatomis baru-baru ini diterima dengan sangat baik oleh para pasien. Implan paling mutakhir ini tidak akan bocor bahkan ketika tersayat dan akan memberikan bentuk yang paling alami bagi pasien. Sebagian besar perusahaan memasang “jaminan seumur hidup” untuk produk mereka. Hal ini membutuhkan keahlian bedah yang baik dan pengalaman dalam menempatkan implan yang telah dipilih dengan berhati-hati secara tepat. Akan ada bekas luka sayat tipis yang terlihat. Pemilihan ukuran dan perencanaan prosedur sebelum operasi merupakan aspek penting bagi kesuksesan metode ini dan juga bagi kepuasan pasien.
Beberapa metode sementara

Bahan-bahan artifisial seperti macrolane, hyacorbs dan lainnya juga digunakan untuk memperbesar ukuran payudara. Bahan-bahan ini bersifat sementara dan akan bertahan hingga kurang lebih satu tahun. Sekitar 100 ml dari bahan-bahan ini disuntikkan ke dalam payudara, dan karena sifatnya yang bisa diuraikan secara biologis, tubuh akan membuang bahan—bahan tersebut dalam waktu setahun, dan pengisian ulang pun dibutuhkan. Biaya bahannya tinggi dan prosedur ini tidak bebas sakit serta beberapa komplikasi yang mungkin terjadi. Beberapa pasien sensitif terhadap bahan-bahannya dan kemungkinan akan terjadi reaksi. Infeksi yang mungkin terjadi dan pengisian yang tidak merata bisa menambah kesengsaraan si pasien. Pengisian ulang tahunan sering kali tidak dilakukan.

Prostesis silikon cair

Metode ini sudah dihentikan karena cairan dapat merembes atau bocor ketika lapisan luar menipis. Prostesis atau bagian tubuh imitasi tersebut harus diganti setelah 10 tahun. Implan saline normal lebih aman dan masih umum digunakan. Kadang implan mengempis tiba-tiba akibat adanya katup yang rusak. Ketika prostesis mengempis secara bertahap, bisa mengakibatkan efek “gelombang” dan akan membuat payudara yang dibesarkan tampak tidak alami. Meskipun begitu, prostesis ini bersifat aman.
Lainnya

Seperti suntikan pengisi semi-permanen, silikon cair atau bahan-bahan permanen lainnya tidak boleh dilakukan karena efek sampingnya yang buruk.
Kesimpulan

Jika begitu, apakah hasil ideal pembesaran payudara? Pembesaran tersebu haruslah alami dan lebih baik menggunakan jaringan tubuh sendiri. Untuk ini, menggunakan lemak sendiri adalah yang terbaik. Penanaman harus dilakukan secara tepat dengan trauma sekecil mungkin. Untuk memanfaatkan metode ini, pasien harus memiliki cadangan lemak yang baik dan bersedia menjalani operasi lebih dari sekali. Kami hanya bisa membantu membesarkan payudara satu ukuran, kecuali kami melakukannya beberapa kali. Implan artifisial harus menyediakan profil alami yang baik dan permanen. Untuk saat ini pilihan yang terbaik adalah prostesis gel kohesif anatomis yang memberikan bentuk alami, serta enak dan alami untuk disentuh. Payudara yang dibesarkan dengan implan yang keras dan dipasang dengan tidak sempurna akan menjadi kewajiban alih-alih aset yang membanggakan bagi pasien. Sebagian besar payudara akan melorot ketika seorang wanita menua dan kerap terjadi dengan cepat setelah melahirkan atau menyusui. Bagian atas merupakan bagian yang paling terkena imbas dan sangat menakutkan bagi para wanita. Mereka sering menggambarkan payudara mereka telah kehilangan kekenyalan atau kepenuhan yang dulu pernah dimiliki dan kini payudara tersebut melorot ke bawah. Keadaan ini juga harus dikoreksi untuk membuat payudara tampak sealami dan semenarik mungkin. Bagi sebagian besar wanita yang sedang hamil, keluhan yang umum terlontar juga adalah warna di sekitar areola puting  yang tadinya cerah menjadi lebih gelap. Mereka tidak menyukai perubahan ini. Hal ini juga bisa diperbaiki dengan laser pencerah pigmen yang terpercaya dan krim pencerah yang cocok. Untuk mereka yang memiliki payudara kecil yang membuat mereka mengalami trauma emosional dan psikologis yang berat pun perlu mencari bantuan medis yang tepat. Hilangnya kepercayaan diri akibat ketidaksempurnaan bentuk ini bisa dibantu dengan pilihan beda yang tepat. Penting untuk mencari sumber yang tepat, dan bukannya orang-orang yang membual bahwa mereka akan menjadi “penyelamat”. Para penolong yang jujur harus memenuhi kualifikasi, terlatih dan berkomitmen untuk membantu, bukan sebaliknya.

Dr. Yeap Choong Lieng
Ahli Bedah Plastik
#14-13, Mount Elizabeth Medical Centre, Singapore 228510

clyeapsurgery@gmail.com

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot. JavaScript dibutuhkan untuk bisa melihatnya
Tel: (65) 6734 0061 / 6734 0062

Fax: (65) 6738 1192

Di luar jam kerja: (65) 6533 0088, (65) 6535 8833
Dr Yeap Choong Lieng adalah lulusan dari Medical College of the University
of Singapore. Beliau bergabung sebagai Fellow di Royal College of Surgeons
of Edinburgh dan setelah itu sebagai Fellow Bedah Plastik di Academy of
Medicine, Singapore. Beliau dilatih di Departemen Bedah Plastik di Singapore General Hospital dan mendapat beasiswa dari pemerintah untuk pelatihan tingkat lanjut dan penelaahan bedah plastik di Amerika Serikat.

Beliau adalah Konsultan Bedah Plastik dan Kepala Deputi departemen sampai beliau mengundurkan diri untuk memulai praktik pribadinya di Mount Elizabeth Medical Centre/
Hospital. Beliau secara aktif mengikuti perkembangan terakhir dalam bidang Bedah Estetika dan juga mengajar serta memberi kuliah untuk berbagai topik seperti Vaser
Liposelection untuk menyedot lemak dan bedah laser. Beliau melakukan perjalanan mengajar setiap tahun.