Sakit tenggorokan adalah penyakit yang lazim dialami banyak orang. Celakanya, penyakit ini seringkali amat mengganggu. Sakit tenggorokan tidak hanya menyerah orang dewasa saja, bahkan anak-anak juga sering terkena penyakit tenggorokan. Penyakit tenggorokan biasanya datang disertai dengan penyakit flu dan demam.

Sakit Tenggorokan

Kadang-kadang kita merasa bingung mencari obat untuk mengatasi sakit tenggorokan. Walaupun kita sudah mencari berbagai obat ternyata tak kunjung sembuh juga. Mungkin banyak dari anda yang belum mengetahui bahwa ada beberapa bahan alami yang sangat ampuh digunakan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Berikut ini langkah mengatasi sakit tenggorokn dengan cara alami;

Air Garam

Walaupun sangat simpel, ternyata air garam sangat memiliki manfaat yang besar, utamanya untuk meredakan penyakit tenggorokan. Dengan berkumur air garam selama 3-4 hari dalam sehari, maka peredaran darah yang ada di area tenggorokan akan lancar. Selain itu air garam juga ampuh mengatasi infeksi. Jika anda sedang mengalami batuk berdahak, air garam juga dapat anda gunakan untuk meredakan dahak.

Air Alang-alang

Selain air garam, ternyata air alang-alang juga ampuh mengatasi berbagai masalah tenggorokan. Caranya ialah dengan merebus alang-alang, setelah itu minum air hasil rebusan alang-alang setiap hari sampai penyakit tenggorokan anda reda. Anda tidak perlu bingung untuk mencari alang-alang, karena anda bisa membelinya di supermarket.

Uap Air

Nah, anda bingung kan bagaimana cara uap air bisa menyembuhkan penyakit tenggorokan?Caranya mudah ko, tinggal rebus 1 ember air sampai mendidih, setelah itu tuangkan minyak kayu putih ke dalamnya. Vacum menggunakan handuk agar uap bisa terhirup.

Haluskan makanan

Cara yang terakhir adalah menghaluskan makanan yang hendak anda makan. Cara ini akan membantu proses penyembuhan sakit tenggorokan anda. Usahakan juga jangan makan makanan yang pedas dan mengandung banyak bumbu, karena hal tersebut dapat memperparah peradangan.