Bau mulut tidak bisa dianggap sepele. Selain berdampak buruk pada kehidupan sosial – menyebabkan mider dan kurang percaya diri – gejala bau mulut juga menunjukkan ada yang tak sehat dalam sistem pencernaan. Akibat terburuknya, bau mulut pun bisa menjadi pangkal dari beragam masalah kesehatan yang lebih kompleks. Lalu, apa saja sebenarnya penyebab bau mulut?

Bau Mulut

Tidak Sarapan

Sarapan di pagi jari, selain dapat meningkatkan energi ternyata juga dapat berpengaruh terhadap permasalahan mulut. Ya, dengan sarapan maka akan meningkatkan produksi air liur selama sehari. Selain itu sarapan juga akan membantu membunuh bakteri yang menjadi penyebab bau mulut.

Mengidap Sariawan

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa sariawan bisa menjadi salah satu penyebab. Ya, karena jika seseorang terkana sariawan maka secara otomatis dari dalam mulut atau bibir akan mengalami infeksi dan hal tersebut dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

Gusi Berdarah

Pendarahan pada gusi juga bisa menjadi salah satu penyebab juga. Ya, pendarahan pada gusi akan menyebabkan darah menumpuk sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

Infeksi Tenggorokan

Infeksi tenggorokan juga dapat menyebabkan seseorang mengalami bau mulut karena memang pada saat seseorang mengalami sakit tenggorokan, sel-sel yang ada dalam tenggorokan akan memecah dan membentu cairan mirip lendir yang memiliki bau yang tidak sedap.

Asupan Protein Berlebih

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein akan menyebabkan bau mulut karena memang asam amino yang terkandung di dalamnya akan menyebabkan bakteri berkembangbiak dalam mulut sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.