Usai berlatih gastroenterologi selama lebih dari 15 tahun, ahli pencernaan Dr Chua Tju Siang memulai debut pertamanya pada pengobatan endoskopi submukosa diseksi untuk penyakit kanker lambung dini, di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura, pada 2009. Selain merupakan anggota dari American and European Society for Gastrointestinal Endoscopy, Dr Chua Tju Siang juga menjabat sebagai Ketua Kajian Ilmiah Gastroenterologi Singapura.

Dr Chua Tju Siang saat menyampaikan presentasinya di hadapan wartawan.

Dr Chua Tju Siang saat menyampaikan presentasinya di hadapan wartawan.

Dr Chua Tju Siang lulus dari Universitas Glasgow pada tahun 1995. Dia melanjutkan pelatihan pascasarjananya di bidang spesialis penyakit dalam di Glasgow Royal Infirmary dan Western General Hospital, Edinburgh.  Ia lantas memperoleh MRCP-nya di Inggris untuk spesialisasi penyakit dalam pada tahun 1998. Kemudian dirinya menyelesaikan pelatihan gastroenterologi dan pelatihan spesialis hepatologi di Singapura pada tahun 2002. Pada tahun 2006, ia terpilih sebagai anggota dari Royal College of Physicians of Edinburgh.

Dr Chua juga mendapat penghargaan dari  ajang Warren dan Marshall Helicobacter Pylori Award pada 2001, untuk penelitiannya mengenai hubungan antara berbagai mikroba Helicobacter Pylori dengan penyakit kanker lambung. Pada tahun 2004, Dr Chua kembali dianugerahi penghargaan pada ajang United European Gastroenterology Federation Award di Inggris, atas upayanya mempresentasikan hasil penelitiannya tentang penggunaan endoskopi USG – dengan teknik aplikasi jarum halus – dalam mendeteksi dan evaluasi kista pada pankreas, saat digelar acara Pekan Gastroenterologi Eropa, di Praha, Republik Ceko. Karyanya menggondol anugrah sebagai karya dengan Abstraksi Terbaik.

Tahun berikutnya, karya Dr Chua mengenai penggunaan metode USG endoskopi dalam evaluasi dan detekai penyakit batu empedu dipresentasikan pada ajang Asia-Pacific Digestive Week, yang dihelat di Korea, dan kembali memenangkan penghargaan pada kategori poster.

Diakui sebagai endoskopis terpercaya, Dr Chua yang merupakan anggota dari Quality Assurance Subcommittee of the National Colorectal Cancer Screening Programme di Singapura, ini juga aktif di bidang pelatihan teknik endoskopik, baik di Singapura maupun di kawasan ASEAN. Ia juga telah diundang untuk berbicara pada berbagai topik yang berkaitan dengan gastroenterologi dan endoskopi, baik untuk masyarakat umum maupun untuk profesi medis.

Dr Chua saat ini memiliki Chua Tju Siang Gastrointestinal Endoscopy & Liver Medical Group, yang didirikannya pada tahun 2006, dimana lembaga tersebut menyediakan berbagai macam pilihan diagnostik dan pengobatan khusus untuk pasien dengan penyakit pencernaan. Saat ini  keberadaannya telah ada di tiga lokasi, yakni Mount Elizabeth Medical Centre, Mount Elizabeth Novena Specialist Centre dan Mount Alvernia Medical Centre.