Kematian karena penyakit jantung, berkurang dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi, penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian nomer satu di dunia. Tetapi ada kabar baik di balik itu semua bahwa ternyata penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular itu sangat bisa dicegah.

Sudah banyak dibuktikan melalui penelitian bahwa gaya  hidup sehat dapat membuat mencegah penyakit jantung. Salah satu pilihan utama gaya hidup sehat adalah diet yang baik. Beberapa jenis makanan diduga berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Para ahli sepakat, bahwa makanan yang bersumber langsung dari alam, bukan makanan olahan, penting untuk kesehatan jantung.

Memilih makanan yang baik untuk kesehatan jantung, tidak sesulit yang dibayangkan sebagian orang. Berikut adalah lima jenis makanan yang sangat baik untuk kesehatan jantung kita, dan seharusnya menjadi menu wajib dari diet kita sehari-hari:

Sayuran dan buah-buahan berwarna

Sayuran berwarna merah, kuning atau jingga seperti wortel, ubi jalar, dan cabai merah, kaya akan karotinoid, serat dan vitamin. Sayuran sangat direkomendasikan dan dalam satu porsi sajian makanan, takaran sayuran seharusnya paling banyak dibandingkan bahan makanan lain. Tidak perlu dijelaskan lagi bahwa sayuran memenuhi semua hal yang baik yang diperlukan tubuh, termasuk untuk kesehatan organ jantung: vitamin, mineral, serat, antioksidan, enzim, dan masih banyak lagi.

Mengolah sayuran menjadi makanan yang lezat dapat mengatasi persoalan bagi yang tidak  terlalu suka rasa sayuran. Misalnya menjadikan bayam sebagai pengisi sandwich, atau lettuce dijadikan salad. Setali tiga uang dengan sayuran, buah dengan warna terang seperti jeruk dan papaya juga kaya beta karoten, potasium, magnesium dan serat yang semuanya adalah asupan berharga untuk jantung.

Biji-bijian

Gandum adalah sejenis biji-bijian yang digunakan sebagai makanan pokok di sebagian negara Barat. Gandum atau oat sangat baik untuk kesehatan jantung karena dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dari darah. Selain gandum, biji rami (flaxseed) juga kaya akan asam lemak omega-3, serat dan fitoestrogen untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu makanan murah yang terjangkau, sehat dan tersedia berlimpah di sekitar kita. Segenggam kacang sehat seperti almond atau kenari selain membuat kenyang, juga menyehatkan jantung. Kacang hitam termasuk jenis kacang-kacangan yang mengandung banyak serat, vitamin B, mineral dan zat gizi lain. Kacang-kacangan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan tanpa mengurangi kandungan gizi di dalamnya. Misalnya kacang kedelai yang diolah menjadi tahu atau tempe yang lezat.

Lemak sehat

Lemak, banyak sekali jenisnya. Tidak semua lemak jahat untuk tubuh. Untuk kesehatan jantung, pilih jenis lemak yang sehat, yaitu lemak tidak jenuh. Beberapa jenis bahan makanan adalah sumber lemak yang sangat bagus, misalnya alpukat, butter, minyak zaitun dan minyak kelapa. Selain memilih lemak yang sehat, wajib dihindari atau mengurangi junk food, yang tinggi kalori dan kaya lemak jenuh atau lemak trans.

Anggur Merah

Minuman beralkohol sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Tetapi anggur merah mengandung apa yang disebut resveratrol yang merupakan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Anggur merah dapat melindungi jantung dengan cara meningkatkan kolesterol baik HDL dan mencegah kerusakan pembuluh darah arteri.